Saturday 18 November 2017

TATA CARA TENTANG MANDI WAJIB SERTA HUKUM MANDI WAJIB

kapan waktu mandi wajib - mandi biasa sebelum mandi wajib - batas waktu mandi wajib - cara mandi jinabat yang benar - syarat sah mandi janabat - rukun mandi janabat -  yang membatalkan mandi wajib - tata cara mandi wajib setelah haid - penyebab mandi wajib - niat mandi haid dan junub sekaligus

TENTANG MANDI WAJIB

Muujibaatul Ghusli Sittatun : Iilaajul Hasyafati Fil Farji , Wakhuruujul Maniyyi , Wal Haidhu , Wannifaasu , Wal Wilaadatu , Wal Mautu .Segala yang mewajibkan mandi yaitu 6 : Memasukkan Hasyafah pada Farji,keluar mani,haidh,nifas,wiladah,mati .


 PERKARA YANG MEWAJIBKAN MANDI ADA ENAM

1. MEMASUKKAN

Hasyafah/penis (alat kelamin laki-laki) ke dalam farji/vagina (alat kelamin perempuan). 
Hal ini yang diwajibkan mandi adalah kedua belah pihak, laki-laki dan perempuan yang melakukannya.Dan istilah ini disebutkan dengan maksud persetubuhan (jima`). Dan para ulama membuat batasan,dengan lenyapnya kemaluan (masuknya) ke dalam faraj wanita atau faraj apapun baik faraj hewan.

Termasuk juga bila dimasukkan ke dalam dubur,baik dubur wanita ataupun dubur laki-laki,baik orang dewasa atau anak kecil. Baik dalam keadaan hidup ataupun dalam keadaan mati. Semuanya mewajibkan mandi,di luar larangan perilaku itu.Hal yang sama berlaku juga untuk wanita,dimana bila farajnya dimasuki oleh kemaluan laki-laki,baik dewasa atau anak kecil.

DALINYA ADALAH SABDA RASULULLAH SAW YAITU;

عن عائشة رضي الله عنها أن رسول الله ِ صلى الله عليه وسلم قال : إذا التقى الختانان أو مس الختان الختان وجب الغسل فعلته أنا ورسول الله فاغتسلنا

Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Bila dua kemaluan bertemu atau bila kemaluan menyentuh kemaluan lainnya, maka hal itu mewajibkan mandi janabah. Aku melakukannya bersama Rasulullah SAW dan kami mandi.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم  إذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا الْأَرْبَعِ , ثُمَّ جَهَدهَا , فَقَدْ وَجَبَ الْغُسْلُ  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ - وَزَادَ مُسْلِمٌ : " وَإِنْ لَمْ يُنْزِلْ "

Dari Abi Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Bila seseorang duduk di antara empat cabangnya kemudian bersungguh-sungguh (menyetubuhi), maka sudah wajib mandi. (HR. Muttafaqun `alaihi).Dalam riwayat Muslim disebutkan : "Meski pun tidak keluar mani"

ALLAH TA'ALA BERFIRMAN;

وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُواْ

Dan jika kalian junub maka mandilah.” (QS. Al-Maidah: 6)

2. KELUAR MANI (Sperma)

Baik keluarnya dengan sebab bermimpi dalam keadaan tidur atau keluar dalam keadaan terjaga, tetap mewajibkan mandi. Begitu pun keluar mani tidak disengaja atau disengaja,tetapi wajib mandi. 
Ciri-ciri air mani (sperma) yaitu,Baunya bagaikan adonan roti atau seperti manggar kurma,warnanya bagaikan warna putih telur,Keluar dengan menyemburat (muncrat),Keluarnya terasa nikmat dan enak.


RASULULLAH SAW BERSABDA YAITU; 

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رضي الله تعالى عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم  الْمَاءُ مِنْ الْمَاءِ  رَوَاهُ مُسْلِمٌ , وَأَصْلُهُ فِي الْبُخَارِيِّ


Dari Abi Said Al-Khudhri ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya air itu (kewajiban mandi) dari sebab air (keluarnya sperma). (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Sa’id berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Mandi diwajibkan dikarenakan keluar air mani.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan dari Ummu Salamah bahwa Ummu Sulaim berkata,’Wahai Rasulullah sesungguhnya Allah tidak malu tentang masalah kebenaran,apakah wanita wajib mandi apabila dia bermimpi? Nabi saw menjawab,’Ya, jika dia melihat air.” (HR. Bukhori Muslim dan lainnya).

 3. HAIDL.

Darah haidl/menstruasi adalah darah yang keluar dalam kondisi perempuan sehat, tidak dalam keadaan setelah melahirkan, warna darahnya merah pekat, dan panas.

ALLAH TA'ALA BERFIRMAN;

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُواْ النِّسَاء فِي الْمَحِيضِ وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىَ يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللّهُ

“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, “Haid itu adalah suatu kotoran (najis)”. Oleh sebab itu hendaklah kalian menjauhkan diri dari wanita di waktu haid. Dan janganlah kalian mendekati (melakukan jima’ dengan) mereka,sebelum mereka suci. Apabila mereka telah bersuci (mandi),maka datangilah (jima’) mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepada kalian.” (QS. Al-Baqarah: 222)

Sabda Rasulullah saw kepada Fatimah binti Abu Hubaisy ra adalah,”Tinggalkan shalat selama hari-hari engkau mendapatkan haid,lalu mandilah dan shalatlah.” (Muttafaq Alaih)

4. NIFAS

Darah yang keluar setelah atau bersamaan dengan melahirkannya anak.
Nifas itu mewajibkan mandi janabah,meski bayi yang dilahirkannya itu dalam keadaan mati. Begitu berhenti dari keluarnya darah sesudah persalinan/melahirkan,maka wajib atas wanita itu untuk mandi janabah.
Hukum nifas dalam banyak hal,lebih sering mengikuti hukum haidh.sehingga seorang yang nifas tidak boleh shalat, puasa,thawaf di baitullah,masuk masjid,membaca Al-Quran,menyentuhnya,bersetubuh dan lain sebagainya.

5. MELAHIRKAN

walaupun tidak keluar darah.
Seorang wanita yang melahirkan anak, meski anak itu dalam keadaan mati, maka wajib atasnya untuk melakukan mandi janabah. Bahkan meski saat melahirkan itu tidak ada darah yang keluar. Artinya tidak mengalami nifas,namun tetap wajib atasnya untuk mandi lantaran persalinan yang dialaminya. 

Sebagian ulama mengatakan bahwa `illat atas wajib mandinya wanita yang melahirkan adalah karena anak yang dilahirkan itu pada hakikatnya adalah mani juga,meski sudah berubah wujud menjadi manusia. Dengan dasar itu, maka bila yang lahir bukan bayi tapi janin sekalipun,tetap diwajibkan mandi,lantaran janin itu pun asalnya dari mani.

6. KEMATIAN

Dengan dua syarat, 1). Orang Islam dan 2). Bukan mati syahid. Jika orang kafir atau orang yang mati syahid maka tidak wajib atau tidak boleh memandikannya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda dalam keadaan berihram terhadap seorang yang meninggal terpelanting oleh ontanya,”Mandikan dia dengan air dan daun bidara.” (HR.Bukhori Muslim)

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.